OUTLINE MATA KULIAH ULUMUL QUR’AN I

 

Semester Ganjil Tahun Akademik 2017/2018

I. Identitas


Dosen                               : Dr. Uun Yusufa, M.A.

Mata Kuliah                     : Ulumul Qur’an I 

Kode Mata Kuliah           : ST 104

Jumlah SKS                      : 2 (dua) SKS

Komponen                        : Kompetensi Dasar

Semester                           : I

Fakultas                            : Ushuludin, Adab dan Humaniora

Prodi / Kelas                     : IAT / IAT2

 

II . Rasional


Mata kuliah Ulum al-Qur’an 1 merupakan mata kuliah wajib sebagai komponen kompetensi dasar di Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin, dan dan Humaniora IAIN Jember. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan membahas konsep-konsep dasar dalam kajian Ulum al-Qur’an klasik dan kontemporer yang meliputi: pengertian dan sejarah perkembangan Ulumul Qur`an, sejarah turunnya al-Qur`an dan penulisannya, ragam penulisan al-Qur’an atau ar-rasm al-Qur`aniasbab an-nuzulmunasabah al-Qur`annasikh dan mansukhmakki dan madanimuhkam dan mutasyabih, ragam qira`at al-Qur’ani’jaz al-Qur`an, pengertian dan perbedaan antara tafsir, ta`wil dan tarjamah.

 

III. Standar Kompetensi

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan tentang dasar-dasar ‘Ulum al-Qur’an dan menguasai kajian ‘Ulum al-Qur’an dari berbagai perspektif secara kritis, analitis, historis, argumentatif, dan komprehensif.

Oleh karena itu, setelah selesai mengikuti proses perkuliahan diharapkan:

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian ‘Ulumul Qur`an secara etimologi dan terminologi, ruang lingkup, cabang-cabang, dan Sejarah Ulumul Qur`an

  2. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian wahyu, cara-cara turunnya wahyu kepada malaikat dan para Nabi, makna tanzil atau inzal wahyu al-Qur’an, dan perdebatan kontemporer seputar konsep wahyu al-Qur’an.

  3. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian al-Qur`an secara etimologi dan terminologi, hikmah wahyu al-Qur`an diturunkan secara berangsur-angsur, penulisan al-Qur`an pada masa Nabi saw, dan penulisan pada masa sahabat, perbedaan para ulama dalam mendefinisikan makna huruf dalam hadis Nabi, dan hikmah di balik turunnya al-Qur’an dengan tujuh huruf.

  4. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian Rasmul Qur`an secara etimologi dan terminologi, pendapat tentang rasmul Qur`an, dan kaitan rasmul Qur`an dengan qira’at.

  5. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian munasabah al-Qur`an secara etimologi dan terminologi, macam-macamnya, urgensi dan kegunaan mempelajarinya.

  6. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian nasakh dan mansukh secara etimologi dan terminologi, macam-macamnya, mana ayat yang dinasakh dan mana ayat yang menasakh, dan hikmah adanya ayat nasakh dan mansukh.

  7. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian Makky dan Madany secara etimologi dan terminologi, contoh ayat-ayat, ciri-ciri khas ayat-ayat tersebut, dan kegunaan konsep Makky dan Madany.

  8. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian al-muhkam wal mutasyabih secara etimologi dan terminologi, sikap ulama terhadap al-muhkam dan mutasyabih, fawatihus suwar dan hikmah adanya ayat-ayat muhkam dan mutasyabih.

  9. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian qira’atul Qur`an secara etimologi dan terminologi, latar belakang qira’atul Qur`an, urgensi mempelajari qira’at dan pengaruhnya dalam istinbath hukum.

  10. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian i’jazul Qur`an secara etimologi dan terminologi, macam-macam mukjizat, dan segi-segi kemukjizatan al-Qur`an.

  11. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian tafsir, ta`wil dan tarjamah secara etimologi dan terminologi; perbedaan ketiganya, dan klasifikasi tafsir bil ma`tsur dan bir ra`yi.


 

  1. Strategi Pembelajaran


Untuk mencapai pembelajaran, mata kuliah ini menggunakan sejumlah strategi, pertama, tugas-tugas yang menekankan aspek produk studi, yaitu materi presentasi, kedua tugas-tugas yang menekankan aspek proses studi, yaitu keaktifan dalam diskusi kelas dan tugas-tugas formatif lainnya.

VI. Alokasi Waktu


 
























































































































































NOPERTEMUANMATERIKLPKETERANGAN
1.IKontrak Belajar
2.IIPenyusunan Makalah
3.IIIUlumul Qur`an dan perkembangannya:–      Pengertian ‘Ulumul Qur`an

–      Ruang lingkup pembahasan ‘Ulumul Qur`an

–      Cabang-cabang (pokok bahasan) ‘ulumul Qur`an

–      Sejarah perkembangan ulumul Qur`an
Dosen
4.IVKonsep Wahyu dalam Islam–          Pengertian wahyu

–          Cara-cara turunnya Wahyu kepada Malaikat dan Para Nabi

–          Makna tanzil atau inzal wahyu al-Qur’an.

–          Perdebatan Kontemporer seputar konsep wahyu al-Qur’an (Wahyu sebagai proses komunikasi)
1–   MOHAMMAD MAULIDAN ADAM LUTFI–   AHMAD RIZAL MUHAINI

–   NOVI AYU LESTARI

–   DILLANI RATNA PERTIWI

–   WIAYATUS SALALAH
5.VSejarah turun dan penulisan al-Qur`an: Telaah Kritis–      Pengertian al-Qur`an

–      Hikmah wahyu al-Qur`an turun secara berangsur-angsur

–      Penulisan al-Qur`an pada masa Nabi

–      Penulisan al-Qur`an pada masa sahabat
2–   MOCH. ALI FIKRI–   HIDAYATULLOH

–   ANIK RAHMAWATI AGUSTINA

–   ROSYADA AL FUADA

–   RAHMATUT TOYYIBAH

6.



VI


Turunnya al-Qur’an dalam Tujuh Huruf–       makna huruf dalam hadis Nabi tentang tujuh huruf

–       hikmah di balik turunnya al-Qur’an dengan tujuh huruf.
3–   FATTAHUL ALIM–   AHMAD MUNIR

–   SITI MAUFIROH

–   NAYLATUR ROHMAH

–   ARIFAH RISKIAN YULIANA
7.VII

Rasmul Qur`an: Dalam Perdebatan


–      Pengertian Rasmul Qur`an

–      Pendapat tentang Rasmul Qur`an

–      Kaitan Rasmul Qur`an dengan qira’at
4–   M. LUTFI ZUHRI–   MUHAMMAD SYAIKONIL KIROM

–   ULIL MAGHFIROH

–   SITI LAILATUL FITRIYAH

–   MUSLIHATI
8.VIIIAl-Makky wal Madany–    Pengertian ayat-ayat makki dan madani

–    Ciri khas ayat makki dan madani

–    Kegunaan mempelajarinya

5


–   MUHAMMAD ZAINAL ALIM–   ZAINUL MUSTOFA

–   MARIYATUL ALAWIYAH

–   KAMALIATUL MILLAH

–   KHOIMATUL HASANAH


9.IXUTS
10.XMunasabah al-Qur`an–    Pengertian dan macam-macam munasabah

–    Urgensi dan kegunaan munasabah al-Qur`an
6–   ZULKIFLI–   MUHAMMAD FARUQ

–   LAILATUL AMALIAH

–   LIZA FIRDAUSI

–   MAIYINAH CHE-PI
11.XINasikh dan mansukh al-Qur’an–           Pengertian Nasakh dan Mansukh

–           Macam-macam nasakh dan mansukh

–           Hikmah Nasakh dan Mansukh

–           Pendapat ulama tentang nasakh dan mansukh
7–   MOH. SUFYAN ASSAURI–   MUHAMMAD FADHILAH

–   LAILA ZAINURI ZAINI

–   HALIMAH
12.XIIAl-Muhkam wal Mutasyabih–    Pengertian al-muhkam wal mutasyabih

–    Sikap ulama terhadap al-muhkam wal mutasyabih

–  Fawatihus suwar

–  Hikmah adanya ayat-ayat muhkam dan mutasyabih
8–   AHMAD AFANDI–   MUGHNI FAWARID

–   QURROTUL AINI

–   NINING RIZQI KURNIAWATI
13.XIIIQira’atul Qur`an–      Pengertian qira’atul Qur`an

–      Latar belakang terjadinya qira`at

–      Urgensi mempelajari qira`atul Qur`an dan pengaruhnya dalam istinbath hukum
9–   ABDULLAH AMIN SHOLEH–   MOHAMMAD HENDRIK

–   ISTI’ANAH

–   ASIFAH AMANIAH
14.XIVI’jazul Qur`an–      Pengertian dan macam-macam I’jaz

–      Segi-segi mukjizat al-Qur`an
10–   FATIHUL YUSRI–   EKA LUTVIANA NURAHMANING FITRAH

–   EVA NARENDRA PUTRI

–   DIANA SUAIDAH
15.XVTafsir, Ta`wil dan Tarjamah–      Pengertian tafsir, ta`wil dan tarjamah

–      Perbedaan ketiganya

–      Macam-macam tafsir
11–   MOHAMMAD ZAINUR ROZIQIN–   INNI ‘ARIFAH

–   SITI HALIMATUR ROSIDAH

–   RISA PRAMITA WILDA FITRIA
16.XVIUAS

 

VII. Sumber Rujukan



  • Jalaludin Al-Suyuthi, al-Itqan fi Ulum al-Qur’an

  • Al-Zarkasyi, Al-Burhan fi ‘Ulum al-Qur’an

  • Nuruddin ‘Itr, ‘Ulum al-Qur’an al-Karim

  • Manna’Al-Qattan, Mabahits fi Ulum al-Qur’an

  • Nasruddin Baidan, Wawasan Baru Ilmu Tafsir

  • Shubhi Al-Shalih, Mabahits fi Ulum al-Qur’an

  • M. Hasbi Al-Shiddieqi, Pengantar Ilmu Tafsir al-Qur’an



VIII Evaluasi Proses dan Produk Belajar



  1. Kehadiran 20%

  2. Partisipasi dan presentasi 20%

  3. Tugas/Portofolio 20%

  4. UTS                                                                         20%

  5. UAS                                                 20%


 

  1. Lain-lain

  2. Presentasi kehadiran dalam perkuliahan minimal 75%.



  1. Partisipasi adalah keterlibatan mahasiswa dalam memberikan kontribusi pemikiran baik berupa pertanyaan maupun komentar dalam suasana bebas resiko.

  2. Presentasi hasil studi menyajikan hasil bacaan teks secara bergiliran.

  3. Hal-hal lain akan ditentukan di luar out line ini.










 Jember, 21 Agustus 2017

Dosen Pengampu

 

 

Dr. Uun Yusufa, M.A.

NIP. 198007162011011004

SISTEMATIKA MAKALAH

 

 

KONSEP WAHYU DALAM ISLAM

 

Oleh: Kelompok 12[1]

 

PENDAHULUAN

Ssas[2]

 

PEMBAHASAN

Pengertian wahyu

Bshdjshdsjk

 

Cara-cara turunnya Wahyu kepada Malaikat dan Para Nabi

 

Makna tanzil atau inzal wahyu al-Qur’an.

 

 

Perdebatan Kontemporer seputar konsep wahyu al-Qur’an (Wahyu sebagai proses komunikasi)

 

PENUTUP

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Nama penulis, Judul Buku, Tempat: Nama penerbit, tahun

Yusufa, Uun, Ulumul Quran, Jember: IAIN Jember, 2011

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel