RASM AL-QUR’AN
Sunday, 22 September 2019
- Pengertian Rasm Al-Qur’an
Dalam pembahasan rasm al-qur’an ini kita tidak bisa terlepas dari awal penulisan ayat-ayat alqur’an yang dilakukan oleh para sahabatrosululloh SAW. Rosululloh dan sebagian orang-orang arab pada zaman dahulu masih banyak yang belum bisa membaca dan belum pandai menulis. Sebagaimana Al-qur’an bercerita hal tersebut :
هوالذي بعث في الاميين رسولا منهم يتلوا عليهم اياته ويزكيهم ويعلمهم الكتابوالحكمة وان كانو من قبل لفي ضلال مبين ( الجمعه : 2)
“ dialah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seoarang rosul diantara mereka, yang memebaca ayat-ayat kepada merekadan mengajarkan kitab dan hikam (sunnah) . dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan.” (Al-jumuah:2)1
Di zaman nabi SAW al-qur’an di tulis di batu-batu, pelepah kurma, tulang-tulang, dan kulit unta. Tulisan alqur’an masih terpencar-pencar dan belum terhimpun dalam sebuah mushaf dan di simpan di rumah nabi SAW. Penulisan ini bertujuan untuk membantu memelihra keutuhan dan kemurnian al-qur’an. Sedangkan di masa kholifah Abu Bakar, al-qur’an yang terpencar-pencar ditulis di dalam shuhuf (lembaran-lembaran). Penghimpunan alqur’an dilakukan setelah menerima usulan dari umar bin khottob yang khawatir akan semakin hilangnya para penghfal al-qur’an karena sebanyak 70 orang sahabat yang hafal al-qur’an gugur dalam pertempuran yamamah. Tujuan pokok penyalinan al-qur’an pada masa abu bakar juga dalam rangka pemeliharaan ayat-ayat al-qur’an.
والمراد برسم القران هنا كيفية كتابة الحروف والكلمات في المصحف علي الطريق التي كتبت عليها في المصاحف التي امر عثمان اللجنة الرباعية فكتبتها. ووزّعها علي الامصار. ويطلق عليها :رسم المصحاف,مرسوم الخط.ويرجعهذا الرسم في الاصل الي كتا بة القران باملاء النبي صلي الله عليه وسلم علي كتاب الحي. فكتبوه حسبما يعرفون وباسرافه صلي الله عليه وسلم.
Dalam keterangan diatas yang mana sumber nya adalah kitab ulumul qur’an karangan syeh nurudin ‘itr hal 187, menerangkan bahwa yang dimaksud rasm al-qur’an adalah tatacara penulisan al-qur’an dari huruf-hurufnya maupun kalimat- kalimatnyadidalam mushaf yang didasarkan atas sesuatu yang telah diperintahkan oleh kholifah usman ibn ‘affan kepada tim empat yaitu: zaid ibn tsabit, abdullah ibn azzubair, Said ibn alash, Abdurrohman ibn harist, yang kemudian di sebarluaskan di tanah mesir. Dan tatacara penulisan ini di sebut Rasm mushaf, marsumul khoth.
Sedangkan menurut etimologiRasm adalah coretan,2dan yang di maksud Rasm dalam pembahasan ini adalah cara menulis. Secara terminologi ilmu Rasm Al-qur’an adalah ilmu yang membahas tentang metode penulisan Al-qur’an, dan sebagaimna pembahasan kita di atas bahwa penulisan Al-qur’an telah sempurna pada masa kholifah ‘usman ibn ‘affan dengan kaidah-kaidah yang telah di sepakati pada masa itu. Dari inilah muncul istilah Rasm almushaf atau Rasm ‘usmani , yaitu tatacara penulisan kalimat-kalimat dan huruf-huruf al-qur’an sesuaidengan kaedah yang di setujui kholifah ‘usman ibn ‘affan.3
Penulisan ini semua oleh beliau dirujuk ( dikembalikan) asal penulisan Al_qura’an dengan imla’nya nabi muhammad S.A.W. (yang nabi peroleh dari malaikat jibril yaitu berupa wahyu dari ALLAH S.W.T) lalu mereka menulisnya sebisa mungkin yang mereka ketahui dan dengan kemuliaan serta yang berasal dari nabi muhammad S.A.W.
Pendapat tentang Rasmul Qur’an
Pada pembahasan pendapat ‘ulama tentang Rasmul Qur’an , kita akan menjumpai tiga pendapat mengenai rasm qur’an
- Jumhur ‘ulama mengtakan rasm usmani adalah rasm yang tauqifi (petunjuk dari nabi)
Pendapat inilah yg banyak di sepakati oleh mereka, yang mana pendapat mereka merujuk pada sebuah riwayat yang menginformasikan bahwa nabi pernah berpesan kepada mu’awiyah, sebagai salah seorang sekretaris beliau, seperti di jelaskan dalam kitab ‘manahilul ‘irfan’
للعلماء في رسم المصحف اراء ثلاثة .
الراي الاول: انه توقفي, لاتجوز مخالفته, وذلك مذهب الجمهور.واستدلوابان النبي صلي الله عليه وسلمكان له كتّابيكتبون الوحي,وقد كتبوا القران فعلابهذا الرسم واقرهم الرسول علي كتبابتهم, ومضي عهده صلي الله عليه وسلم, والقران علي هذه الكتابةلم يحدث فيهتغيير ولا تبديل, بل ورد انه صلي الله عليه وسلم كان يضع الدستور لكتّاب الوحي في رسم القران وكتابته. ومن ذلك قوله لمعاويةوهو من كتب الوحي,(” الق الدلواة, وحرف القلم, وانصب الباء, وفرق السين, ولا تعور الميم, وحسن الله, ومد الرحمن, وجود الرحيم, وضع قلمك علي اذنك اليسري, فانه اذكر لك.
ثم جاء ابوبكر فكتب القران بهذاالرسم في صحف, ثم خذا حذواه عثمانفي خلافته, فاستنسخ تلك الصحف في مصاحفعلي تلك االكتابة واقر اصحاب النبي صلي الله عليه وسلم عمل ابي بكر وعثمان رضي الله عنهم اجمعين.4
Dalam keterangan kitab ini di jelaskan bahwa nabi berpesan “ ambillah tinta, tulislah huruf dengan qolam (pena), rentangkan huruf ba’,bedakan huruf siin, jangan merapatkan huruf miim, tulislah lafadz ALLAH yang baik, panjangkan lafadz arrohman, dan perindahlah lafadz arrohim, kemudian letakan pena mu ke telinga yang kiri, maka ia akan selalau mengingat engkau. Dan ketika itu syyina abu bakar datang dan lansung menulisnya dalam mushaf. Di ikuti oleh syyidina ‘usman yang kemudian beliau menyalin nya dalam mushaf-mushaf tentang penulisan terseut, kemudian salah satu sahabat nabi membacanya untuk nabi atas perintah sayyid abu bakar dan sayyid ‘usman.
Pendapat para ulama’ ini di kuatkan oleh imam ahmad, imam malik dan imam abu ‘amr addani dalam kitab ulumul qur’an
وقد صرح الامام احمدفيه بالتحريم فقال : تحرم مخالفة خط مصحف عثمان في ياء او واو او الف او غير ذلك. وسئل الامام مالك : هل تكتب المصحف علي ما اخذته الناس من الهجاء..؟ فقاا: لا, الا علي كتاب الاولي.قال الامام ابو عمر الداني : ولا مخالف لهمن علماء الامة5
Dalam keterangan tersebut imam Ahmad dengan jelas mengharamkan untuk merubah mushaf ‘usmani, sedangkan imam malik mengtakan “saya tidak sepakat dengan hal itu (penulisan al-qur’an dengan istilahi) menurut saya al-qur’an harus di tulis sesuai dengan tulisan yang pertama” sedangkan imam abu ‘amr menyatakan bahwa tidak ada satupun ulama yang bereberangan prndapat dengan beliau (imam malik).
- Sebagian ulama mengatakan bahwa Rasm ‘Usmani adalah
الرأي الثاني:
انرسم المصاحف اصطلاحي لاتوقفي, وعليه فتجوز مخالفته, وممن جنح الي هذاالرأي ابن خلدون في مقدمته, وممن تحمس له القاضي ابو بكرفي الانتصار اذا يقول ما نصه, (واما الكتابة فلم يفرض الله علي الامة فيها شيئا, اذلم يأخذ علي كتاب القرأن و خطاط المصاحف رسما بعينه دون غيره اوجبه عليه وترك ماعداه :اذ وجوب ذلك لايدرك الا بالسمع, والتوقف) وليس في نصوص الكتاب ولا مفهومه, ان رسم القرأن وظبطه لايجوز الاعلي وجه مخصوص وحد محدود لا يجوز تجاوزه, ولا في نص السنة ما يوجب ذلك ويدل عليه, ولا في اجماع الامة ما يوجب ذلك, ولا دلت عليه القياسات الشرعية6.
Dalam kitab ini di jelaskan bahwasanya rasm ‘usmani adalah istilahi, yang mana para ulama seperti Ibn Khaldun dan Qodhi Abu bakar mengatakan bahwa Rasm ‘usmani itu istilahi dan bukan tauqifi, seperti di jelaskan oleh beliau dalam kitab “nukat Al-intishor” yang mana menurut beliau tidak ada dalil nash tentang rasm ‘usmani, hadis atau perintah ulama yang dengan terang-terangan di perbolehkan menggunakan atau melarang penulisan al-qur’an menggunakan rasm tertentu.
Pernyataan ini juga didukung oleh shohibul manahil , yang mana beliau menyatakan bahwa penulisan al-qur’an itu boleh dengan segi apapun yang memudahkan. Karna rosullulloh itu memeperbolehkan penulisan alqur’an dan tidak di batasi dengan bentuk yang tertentu dan tidak mencegah seseorang untuk menulisnya. Oleh karna itu terdapat perbedaan-perbedaan tulisan dalam mushaf-mushaf. Ada dari mereka yang menulis melalui makhorijul huruf, dan juga ada yang mengurangi atau menambahi tulisan tersebut.7
- Diperbolehka bahkan diwajibkanya orang awam menulis al-qur’an dengan model tulisan yang mereka faham
الرأي الثالث:
يميل صاحب التبيان,ومن قبله صاحب البرهان, الي ما يفهم من كلام العز بن عبد السلام, من أنه يجوز بل يجبكتابتة المصحف الان لعامة الناس علي الاصطلحات المعروفه الشائعه عندهم, لئلا يقع في تغيير من الجهال. ولكن يجب في نفسه المحافظة علي رسم العسماني. كأثرمن الاثار النفسية الموروثة عن سلفنا الصلح.8
Dalam pembagian ketiga ini di jelaskan bahwa di perbolehkan bagi khlayak umum bahkan di wajibkan untuk menulis al-qur’an dengan tulisan yang meraka faham dan kenal, agar tidak terjadi perubahan dan kesalah fahaman. Nmun juga di haruskan untuk menjaga dan melestarikan rasm ‘usmani sebagai bentuk penghormatan terhadap salafussolih.
Di antara ulama yang berpendapat seperti ini adalh syeh izzudin ibn abdissalam, badruddin muhammad ibn abdillah azzarkasi. Azzarkasi mengtakan bahwa mengikutitulisan dengan satu model itu berlaku pada generasi awalpenulisan saja, karna ilmu berkembang dengan seiring zaman dan sekarang di khawatirkan terjadi kesalahfahaman terhadap al-qur’an di kalangan kaum awam.9
Kaitan Rasmul qur’an Dengan Qiroat
Foot not
- Al-qur’an dan Terjemahanya, Departemen agama, , Jakarta : cv indah press, hal 932.
- Dr. Ibrahim anis dkk, al mu”jam al-wasith , cet, II jilid I kairo ,hal362
- Muhammad abdul ‘azim az-zarqoni. Manahilul ‘irfan juz I ,kairo : darul kutub al ilmi hal 369.
- Syeh muhammad abdul adzim azzarqoni. Manahilul irfan juz I , kairo: darul kutub al ilmiah .hal , 310
- Nurudin itr ,ulumul qur’an, madba’atussobah. Hal 187-188
- Syeh muhammad abdul adzim azzarqoni. Manahilul irfan juz I , kairo: darul kutub al ilmiah .hal , 312-313
- Syeh muhammad abdul adzim azzarqoni. Manahilul irfan juz I , kairo: darul kutub al ilmiah .hal ,313
- Syeh muhammad abdul adzim azzarqoni. Manahilul irfan juz I , kairo: darul kutub al ilmiah .hal ,315-316
- Badruddin muhammad bin abdillah azzarkasyi, Al-burhan fi ulumil qur’an beirut darulfikr: 1988 hal 460