أهمية تدريس الكلام

أهمية تدريس الكلام
إن القدرة على امتلاك الكلمة الدّقيقة الواضحة ذات اثر في حياة الإنسان . ففيها تعبير عن نفسهّ، وقضاء الحاجته، وتدغيم لمكانته بين الناس. والكلام في لغة الثانية من المهارة الأساسية التي تمثل غيتا من غايات الدراسة الغوية. وان كان هو نفسه وسيلة للاتصالمع الآخرين. ولقد اشتدت الحاجة لهذه المهارة في بداية النصف الثاني من هذا القرن بعد انتهاء الهرب العالمية الثانية ، وتزايد وسائل الاتصال، والتحرك الواسع من بلد الي بلد، هتي لقد أدى تزايد الحاجة للااتصال الشفهى بين الناس إلي إعادة النظر في طريق تعليم اللغة الثانية. وكان أن إنتشرت الطريقة السمعية الشفوية وغيرها من طرق تولي المهارات الصوتية اهتمامها.
توجيهات عامة لتدريس الكلام
وفيما يلي مجموعة من التوجيهات العامة التي قد تسهم في تطوير تدريس مهارة الكلام في العربية كلغة ثانية.
1.       تدريس الكلام يعني ممارسة الكلام : يقصد بذالك أن يتعرض الطالب بالفعل إلي موافق يتكلم فيها بنفسه لا أن يتكلم غيره عنه...إن الكلام مهارة لا يتعلمها الطالب إن تكلم المعلم وظل هو مستمعا ... من هنا تقاس كفاءة المعلم في حصة الكلام بمقدار صمته وقدرته علي توجيه الحديث وليس بكسرة كلامه واستئثاره بالحديث..
2.       أن يعبر الطلاب عن خبرة : يقصد بذالك ألا يكلف الطلاب بالكلام عن شيء لديهم علم به.. ينبغي أن يتعلم الطالب أن يكون لديه شئ يتحدث عنه. ومن العبث عن يكلف الطالب بالكلام في موضوع غير مألوف إذ عن هذا يعطل فهمه. وقد لايجد في رصيده اللغوي ما يسعفه.
3.       التدريب علي توجيه الانتباه : ليس الكلام نشاطا آليا يردد فيه الطالب عبارات معينة وقتما يراد منه الكلام.. إن الكلام نشاط عقلي مركب.. إنه يستلزم القدرة علي تمييز الاصوات عند سماعه وعند نطقها. والقدرةعلي تعريف التركيب وكيف أن اختلافها يؤديإلي اختلاف المعنى... إن الكلام باختصار نشاط ذهني يطلب من الفرد أن يكون واعيا لما صدر عنه هتي لا يسدر منه ما يلام عليه.. وقد يما قيل إن عثرات اللسان أفتك من عثرات السنان.
4.       عدم المقاطحة وكثرة التصحيح : من أكثرالاشياء خرجا للمتحدث واحباطا له أن يقاتعه الآحرون. وإذا كان يصدق علي المتحدثين في لغتهم الأولى فهو أكثر صدق بالنسبة للمتحدثين في لغاة ثانية.. إن لديهم من العجز في لغة ما يعوقهم عن الأسنرسال في الحديث او إخراجه بشكل متكامل، ولعل مايزيد في إحساسه بهذا العجز أن يقاطعه المعلم.. ويرتبط بهذا ايضا ألا يلح المعلم في تصحيح أخطاء الطلاب.
5.       مستوى التوقعات : من المعلمين من تزيد توقعاته كما سبق القول عن الإمكانات الحقيقية للطالب، فيظل يراجع الطالب، ويثتحسه علي استيفاء القول ثم يلومه إن لم يكن عند مستوى التوقعات. إن الحقيقة التي ينبغي أن يعرفها معلم العربية كلغة ثانية أن الأجنبي، خاصة إن تعلم العربية وهو كبير، يندر أن يصل إلي مستوى العرب عند ممارسته مهارة الكلام.. وهه ظاهرة لا تختص بتعلم العربية وحدها، وإنما تشمل كافة الدارسين للغات الثانية. علي المعلم اذن أن يقدر ذالك، ويكون واقعيا. وأن يميز بين مستوى الكلام الذي يصدر عن الناطقين بالعربية وذالك الذي يصدر عن الناطقين بلغة اخرى.
6.       التدريج : ينطبق مبدأ التدريج هنا ايضا.. إن الكلام، كما قلنا، مهارة مركبة ونشاط عقلي متكامل.. وتعلم هذه المهارة لايحدث بين يوم وليلة، ولا بين عشية وضحاها. إنها عملية تستغرق وقتا وتطلب من الصبر والجهد والحكمة ما ينبغي أن
يملكه المعلم. وعليه أن يهيء من موافق الكلام ما يتناسب مع كل مستوى من مستويان الدارسين كاتالى:
أ‌.         بالننسبة للمستوى الأبتدائ : يمكن أنتدور موافق الكلام حول أسئلة يطرحها المعلم يجيب عليها الطلاب. ومن خلال هذه الاجابة يتعلم الطلاب كيفية انتفاء الكلمات وبناء الجمال وعرض الأفكار. ويفضل أن يرتب المعلم هذه الأسئلة بالشكل الذي ينتهي بالطلاب إلي بناء موضوع متكامل. ومن الموافق ايضا تكليف الطلاب بالإجابة عن التدريبات الشفهية، وحفظ بعد الحوارات والإجابة الشفوية عن الأسئلة مرتبطة بنص قرأوه.
ب‌.      المستوى المتوسط :يرتفع مستوى الموافق التي يتعلم الطلاب من خلالها مهارة الكلام، من هذه الموافق لعب الدور (roie piaying) وأذارة الأجتماعات. والمنا تثة الثنائية، ووصف الأحداث التي وقعت للطلاب، وإعادة رواية  الأخبار التي سمعوها في التلفاز والإذاعة ولأخبار عن محادثة هاتفية جرت او ألقاء تقرير مبسط وغيرها.
ت‌.     المستوى المقدم : وهنا قد يحكي الطلاب قصة اعجبتهم، او يسفون مظهر من مظاهر الطبيعة. او يلقون خطبة  او يديرون مناظرة (debate)أو يتكلمون في موضوع مقترح. أو يلقون حوارا في تمثلية، أو غير ذالك من مواقف. المهم في هذا كله أن يراعي المعلم الرصيد اللغوى عند الدارسين وكذالك اهتماما تتهم ومدى لديهم من خبرة عن موضوع الحديث.
7.       قيمة الموضوع : تزداد دافعية الطلاب للتعليم كلما كان ما يتعلمونه ذا معن عندهم، وذا قية في حيتهم. ويمبغي أن يحسن المعلم إختيار الموضوعات التي يتحدث الطلاب فيها خاصة في المستوى المتقدم، حيث الفرصة متاحة للتعبير الحر. فينبغي أن يكون الموضوع ذا قيمة ، وأنيكون واضحا ومحددا . ويفضل أن يطرح علي الطلاب في كل مرة موضوعان او اكثر حتي تكون حرية الإختيار متاحة لهم، فيتكلمون اما يعرفون.
8.       ....................................................................................................................................... المعلم ذا النطق الضعيف او غير الجيد بأن يسحب مسجلا (tape-Recorder) في الفصل يستمع الدارسون من خلاله للنموذج الجيد، وحسبه تدريب الدارسين علي المحاكاة ومراقبة مدى التطابق بين ما يسمعونه من اصوات وما ينتجونه منها.
9.       تمثي طريقة إخراج الصوت : قد يحتاج المعلم إلي تمثيل طريقة إخراج الصوت كأن يخرج لسانه قليلا وهو ينطق الثاء أو الذال، وكان يبتسم ابتسام ة واسعة وهو يخرج الغين، او تذكير الدارسين بما يفعله طبيب الأنف والأذن والحنجرة عندما يضغط علي مؤخرة اللسان، ويطلب من المريض أن يقول "آه"واو استطاع الدارس أن يفعل ذالك دون الإستعانة بمالعقة الطبيب فسينطق صوتا قريبا جدا من صوت العين. وعند تدريب الدارس علي نطق الحاء يطلب منه  أن يهمس بكلمات بها صوت الهاء مثل : "هو هنا" وكلما كان همسه واضحا اقترب صوت الهاء من الحاء العربية. كما يدرب الدارس علي نطق الغين العربية بتقليد الصوت الناتج عند الغرغرة وكذالك نطق الخاء بتقليد الشخير (صلاح عبد المجيد العربي، 7 ص، 941).










Pentingnya pidato mengajar
Kemampuan untuk memiliki menit yang jelas tentang efek lantai dalam kehidupan manusia. Dimana ekspresi yang sama, dan menghabiskan Alhajth, dan Tdeguem ke tempat di antara orang-orang. Dan berbicara dalam bahasa keterampilan dasar kedua yang mewakili tujuan Gita studi linguistik. Meskipun dengan cara yang sama untuk Atsalma lain. Saya telah meningkatkan kebutuhan untuk keterampilan ini di awal paruh kedua abad ini setelah akhir Dunia Kedua untuk melarikan diri, dan sarana tumbuh komunikasi, yang luas dan bergerak dari satu negara ke negara, Lahti telah mengakibatkan meningkatnya kebutuhan menghubungi lisan antara orang-orang untuk memeriksa kembali dengan cara pendidikan bahasa kedua. Penyebaran yang arah audio cara lisan dan lainnya untuk mengambil minat dalam kemampuan vokal.
Pedoman umum untuk pengajaran pidato
Berikut ini adalah seperangkat pedoman umum yang dapat berkontribusi pada pengembangan keterampilan mengajar untuk berbicara dalam bahasa Arab sebagai bahasa kedua.
1. mengajar praktek pidato berarti pidato: Minuman keras ini bertujuan agar siswa sudah terkena OK berbicara sendiri untuk tidak berbicara dengan dia ... Keterampilan berbicara lain tidak dipelajari oleh siswa bahwa guru hanya berbicara tetap pendengar ... di sini mengukur efisiensi guru dalam pangsa pidato oleh keheningan dan kemampuannya untuk berbicara dan tidak mengarahkan kata-katanya dan defeatedly Astitharh berbicara ..
2. Siswa mencerminkan pengalaman: Minuman keras dimaksudkan tidak biaya siswa berbicara tentang sesuatu yang mereka harus menyadari itu .. bahwa siswa belajar bahwa ia memiliki sesuatu yang ia bicarakan. Itu sia-sia untuk berbicara tentang biaya mahasiswa pada subjek yang tidak biasa karena ini mengganggu mengerti. Penghitungan Egged dalam bahasa apa tidak tepat.
3. Pelatihan untuk menarik perhatian: tidak berbicara aktif secara otomatis ketika siswa mengulang frase tertentu setiap kali dimaksudkan untuk berbicara untuk berbicara pikiran saya .. Kegiatan komposit .. Hal ini membutuhkan kemampuan untuk membedakan ketika ia mendengar suara-suara dan ketika diucapkan. Definisi Akaddrhali dan komposisi dan bagaimana berbeda Aadaala arti yang berbeda ... Kegiatan berbicara pikiran saya singkat meminta individu untuk menjadi sadar apa yang dikeluarkan oleh Lahti Asdr tidak menyalahkan dia apa itu .. Lima dikatakan paling mematikan perangkap lidah perangkap gigi.
4. Non-Almqatahh dan sering koreksi: Oktralashiyae keluar dari speaker dan frustasi baginya untuk Iqatah Alahron. Jika benar speaker pada bahasa pertama lebih ketulusan untuk speaker di Gah lagi .. mereka memiliki defisit dalam bahasa menghambat mereka dari Alosnursal untuk berbicara atau membawanya keluar secara terpadu, dan mungkin lebih dari dalam arti defisit ini yang terganggu guru .. itu juga terkait dengan ini tidak bersikeras guru untuk memperbaiki kesalahan siswa.
5. harapan: guru dari lebih dari perkiraan sebelumnya untuk mengatakan tentang potensi sesungguhnya dari siswa, mahasiswa tetap ulasan berubah, dan mengatakan Atthsh bertemu kemudian menyalahkan dia jika tidak pada tingkat harapan. Fakta yang harus diketahui guru Arab sebagai bahasa kedua asing, terutama jika belajar bahasa Arab, seorang senior, jarang sampai ke tingkat orang-orang Arab di latihan keterampilan berbicara .. Oha tidak peduli dengan fenomena belajar Arab saja, tetapi mencakup semua siswa untuk bahasa kedua. Guru kemudian memperkirakan bahwa potongan, dan realistis. Dan untuk membedakan antara kata-kata yang berasal dari bahasa Arab-berbicara, spektrum yang akan dikeluarkan dengan berbicara tingkat bahasa lain.
6. Staging: Pementasan prinsip berlaku di sini juga .. Pidato, seperti yang kita katakan, keterampilan aktivitas kendaraan dan mental terintegrasi .. dan belajar keterampilan ini tidak dapat terjadi dalam semalam, atau semalam. Ini adalah proses yang membutuhkan waktu dan memerlukan kesabaran dan usaha dan kebijaksanaan, apa yang harus
Dimiliki oleh guru. Dan itu dapat membuat dari OK untuk berbicara sepadan dengan tingkat masing-masing dua tingkat siswa Katale:
A. Balnnsph Tingkat Persiapan: OK Ontdor dapat berbicara tentang pertanyaan yang diajukan oleh guru dijawab oleh siswa. Melalui jawaban ini siswa belajar bagaimana membangun tidak adanya kata-kata dan kecantikan dan menawarkan ide-ide. Sebaiknya guru akan mengatur pertanyaan ini sebagai yang berakhir dengan siswa untuk membangun sebuah tema yang terintegrasi. Hal ini juga disetujui menugaskan siswa untuk menjawab latihan lisan, dan menyimpan setelah dialog lisan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan teks yang mereka baca.
B. Tingkat menengah: tingkat yang sesuai kenaikan yang siswa belajar keterampilan yang akan digunakan untuk berbicara, dari yang sesuai memainkan peran ini (roie piaying) dan pertemuan Omarh. Nyeri dan bilateral TTH, menggambarkan peristiwa yang terjadi bagi siswa, menceritakan kembali berita yang mereka dengar di televisi, radio, dan berita tentang percakapan telepon berlangsung atau menjatuhkan laporan disederhanakan dan lain-lain.
T. Tingkat Pembayaran: Di sini, siswa dapat menceritakan kisah mereka suka, atau Lessphun manifestasi alam. Khotbah atau melempar atau menjalankan debat (debat) atau berbicara pada usulan subjek. Atau melemparkan Tmthleeh dalam dialog, atau merupakan bagian dari posisi. Hal ini penting dalam semua ini, memperhitungkan keseimbangan linguistik guru ketika perhatian siswa, dan juga menuduh sejauh mana pengalaman mereka tentang masalah pembicaraan.
7. Nilai Thread: motivasi peningkatan siswa untuk mengajarkan apa yang mereka pelajari setiap kali mereka memiliki Maan, dan diperpanjang disambut The mereka. Dan Ambga untuk meningkatkan pilihan guru mata pelajaran yang siswa, terutama di tingkat pembicaraan lanjutan, di mana kesempatan untuk berekspresi. Harus tunduk adalah nilai, dan Onicon jelas dan spesifik. Sebaiknya diletakkan pada siswa di semua mata pelajaran sekali atau lebih agar kebebasan pilihan yang tersedia bagi mereka, baik Wejtklmon tahu.
8. ....................................................................................................................................... Pengucapan lemah atau baik yang menarik guru yang terdaftar (tape-Recorder) dalam Bab mendengarkan ulama yang baik dari model, dihitung dengan mempelajari pelatihan simulasi dan pemantauan kesesuaian antara apa yang mereka dengar dari suara-suara dan apa yang mereka menghasilkan mereka.
9. representasi dari metode output audio: guru mungkin perlu untuk mewakili metode output audio yang keluar sedikit lidahnya, yang diucapkan Althae atau diubah, dan tersenyum senyum lebar seperti itu muncul orang dewasa, atau mengingatkan siswa termasuk telinga dan hidung tenggorokan dokter lakukan ketika ditekan di bagian belakang lidah, dan permintaan dari pasien untuk mengatakan "ah" Wow mahasiswa mampu melakukan potongan tanpa bantuan suara dokter Vsantq Pmalakh terdengar sangat dekat dengan mata. Ketika melatih siswa untuk mengucapkan ha meminta dia membisikkan kata-kata suara gangguan, seperti: "Dia ada di sini," dan setiap kali mendesis dan suara yang jernih mendekati gangguan dari ha Arab. Seperti kereta mahasiswa Ali Arab pengucapan dewasa tradisi ketika gemericik output suara, dan juga mengucapkan tradisi kha dari mendengkur (Salah Abdul Majid Arabi, 07:00 0,941).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel