أهمية تدريس الكلام
Friday, 13 May 2016
أهمية تدريس الكلام
إن القدرة على امتلاك الكلمة الدّقيقة الواضحة ذات اثر في حياة
الإنسان . ففيها تعبير عن نفسهّ، وقضاء الحاجته، وتدغيم لمكانته بين الناس.
والكلام في لغة الثانية من المهارة الأساسية التي تمثل غيتا من غايات الدراسة
الغوية. وان كان هو نفسه وسيلة للاتصالمع الآخرين. ولقد اشتدت الحاجة لهذه المهارة
في بداية النصف الثاني من هذا القرن بعد انتهاء الهرب العالمية الثانية ، وتزايد
وسائل الاتصال، والتحرك الواسع من بلد الي بلد، هتي لقد أدى تزايد الحاجة للااتصال
الشفهى بين الناس إلي إعادة النظر في طريق تعليم اللغة الثانية. وكان أن إنتشرت
الطريقة السمعية الشفوية وغيرها من طرق تولي المهارات الصوتية اهتمامها.
توجيهات عامة لتدريس الكلام
وفيما يلي مجموعة من التوجيهات العامة التي قد تسهم في تطوير تدريس
مهارة الكلام في العربية كلغة ثانية.
1. تدريس الكلام يعني ممارسة الكلام : يقصد بذالك أن يتعرض الطالب بالفعل
إلي موافق يتكلم فيها بنفسه لا أن يتكلم غيره عنه...إن الكلام مهارة لا يتعلمها
الطالب إن تكلم المعلم وظل هو مستمعا ... من هنا تقاس كفاءة المعلم في حصة الكلام
بمقدار صمته وقدرته علي توجيه الحديث وليس بكسرة كلامه واستئثاره بالحديث..
2. أن يعبر الطلاب عن خبرة : يقصد بذالك ألا يكلف الطلاب بالكلام عن شيء
لديهم علم به.. ينبغي أن يتعلم الطالب أن يكون لديه شئ يتحدث عنه. ومن العبث عن
يكلف الطالب بالكلام في موضوع غير مألوف إذ عن هذا يعطل فهمه. وقد لايجد في رصيده
اللغوي ما يسعفه.
3. التدريب علي توجيه الانتباه : ليس الكلام نشاطا آليا يردد فيه الطالب
عبارات معينة وقتما يراد منه الكلام.. إن الكلام نشاط عقلي مركب.. إنه يستلزم
القدرة علي تمييز الاصوات عند سماعه وعند نطقها. والقدرةعلي تعريف التركيب وكيف أن
اختلافها يؤديإلي اختلاف المعنى... إن الكلام باختصار نشاط ذهني يطلب من الفرد أن
يكون واعيا لما صدر عنه هتي لا يسدر منه ما يلام عليه.. وقد يما قيل إن عثرات
اللسان أفتك من عثرات السنان.
4. عدم المقاطحة وكثرة التصحيح : من أكثرالاشياء خرجا للمتحدث واحباطا له
أن يقاتعه الآحرون. وإذا كان يصدق علي المتحدثين في لغتهم الأولى فهو أكثر صدق
بالنسبة للمتحدثين في لغاة ثانية.. إن لديهم من العجز في لغة ما يعوقهم عن
الأسنرسال في الحديث او إخراجه بشكل متكامل، ولعل مايزيد في إحساسه بهذا العجز أن
يقاطعه المعلم.. ويرتبط بهذا ايضا ألا يلح المعلم في تصحيح أخطاء الطلاب.
5. مستوى التوقعات : من المعلمين من تزيد توقعاته كما سبق القول عن
الإمكانات الحقيقية للطالب، فيظل يراجع الطالب، ويثتحسه علي استيفاء القول ثم
يلومه إن لم يكن عند مستوى التوقعات. إن الحقيقة التي ينبغي أن يعرفها معلم
العربية كلغة ثانية أن الأجنبي، خاصة إن تعلم العربية وهو كبير، يندر أن يصل إلي
مستوى العرب عند ممارسته مهارة الكلام.. وهه ظاهرة لا تختص بتعلم العربية وحدها،
وإنما تشمل كافة الدارسين للغات الثانية. علي المعلم اذن أن يقدر ذالك، ويكون واقعيا.
وأن يميز بين مستوى الكلام الذي يصدر عن الناطقين بالعربية وذالك الذي يصدر عن
الناطقين بلغة اخرى.
6. التدريج : ينطبق مبدأ التدريج هنا ايضا.. إن الكلام، كما قلنا، مهارة
مركبة ونشاط عقلي متكامل.. وتعلم هذه المهارة لايحدث بين يوم وليلة، ولا بين عشية
وضحاها. إنها عملية تستغرق وقتا وتطلب من الصبر والجهد والحكمة ما ينبغي أن
يملكه
المعلم. وعليه أن يهيء من موافق الكلام ما يتناسب مع كل مستوى من مستويان الدارسين
كاتالى:
أ.
بالننسبة
للمستوى الأبتدائ : يمكن أنتدور موافق الكلام حول أسئلة يطرحها المعلم يجيب عليها
الطلاب. ومن خلال هذه الاجابة يتعلم الطلاب كيفية انتفاء الكلمات وبناء الجمال
وعرض الأفكار. ويفضل أن يرتب المعلم هذه الأسئلة بالشكل الذي ينتهي بالطلاب إلي
بناء موضوع متكامل. ومن الموافق ايضا تكليف الطلاب بالإجابة عن التدريبات الشفهية،
وحفظ بعد الحوارات والإجابة الشفوية عن الأسئلة مرتبطة بنص قرأوه.
ب.
المستوى المتوسط :يرتفع
مستوى الموافق التي يتعلم الطلاب من خلالها مهارة الكلام، من هذه الموافق لعب
الدور (roie piaying) وأذارة الأجتماعات. والمنا تثة الثنائية، ووصف الأحداث التي وقعت
للطلاب، وإعادة رواية الأخبار التي سمعوها
في التلفاز والإذاعة ولأخبار عن محادثة هاتفية جرت او ألقاء تقرير مبسط وغيرها.
ت.
المستوى
المقدم : وهنا قد يحكي الطلاب قصة اعجبتهم، او يسفون مظهر من مظاهر الطبيعة. او
يلقون خطبة او يديرون مناظرة (debate)أو يتكلمون في موضوع
مقترح. أو يلقون حوارا في تمثلية، أو غير ذالك من مواقف. المهم في هذا كله أن
يراعي المعلم الرصيد اللغوى عند الدارسين وكذالك اهتماما تتهم ومدى لديهم من خبرة
عن موضوع الحديث.
7. قيمة الموضوع : تزداد دافعية الطلاب للتعليم كلما كان ما يتعلمونه ذا
معن عندهم، وذا قية في حيتهم. ويمبغي أن يحسن المعلم إختيار الموضوعات التي يتحدث
الطلاب فيها خاصة في المستوى المتقدم، حيث الفرصة متاحة للتعبير الحر. فينبغي أن
يكون الموضوع ذا قيمة ، وأنيكون واضحا ومحددا . ويفضل أن يطرح علي الطلاب في كل
مرة موضوعان او اكثر حتي تكون حرية الإختيار متاحة لهم، فيتكلمون اما يعرفون.
8.
.......................................................................................................................................
المعلم ذا النطق الضعيف او غير الجيد بأن يسحب مسجلا (tape-Recorder) في الفصل يستمع الدارسون من خلاله للنموذج
الجيد، وحسبه تدريب الدارسين علي المحاكاة ومراقبة مدى التطابق بين ما يسمعونه من
اصوات وما ينتجونه منها.
9. تمثي طريقة إخراج الصوت : قد يحتاج المعلم إلي تمثيل طريقة إخراج
الصوت كأن يخرج لسانه قليلا وهو ينطق الثاء أو الذال، وكان يبتسم ابتسام ة واسعة
وهو يخرج الغين، او تذكير الدارسين بما يفعله طبيب الأنف والأذن والحنجرة عندما
يضغط علي مؤخرة اللسان، ويطلب من المريض أن يقول "آه"واو استطاع الدارس
أن يفعل ذالك دون الإستعانة بمالعقة الطبيب فسينطق صوتا قريبا جدا من صوت العين.
وعند تدريب الدارس علي نطق الحاء يطلب منه
أن يهمس بكلمات بها صوت الهاء مثل : "هو هنا" وكلما كان همسه
واضحا اقترب صوت الهاء من الحاء العربية. كما يدرب الدارس علي نطق الغين العربية
بتقليد الصوت الناتج عند الغرغرة وكذالك نطق الخاء بتقليد الشخير (صلاح عبد المجيد
العربي، 7 ص، 941).
Pentingnya pidato
mengajar
Kemampuan untuk
memiliki menit yang jelas tentang efek lantai dalam kehidupan manusia. Dimana
ekspresi yang sama, dan menghabiskan Alhajth, dan Tdeguem ke tempat di antara
orang-orang. Dan berbicara dalam bahasa keterampilan dasar kedua yang mewakili
tujuan Gita studi linguistik. Meskipun dengan cara yang sama untuk Atsalma
lain. Saya telah meningkatkan kebutuhan untuk keterampilan ini di awal paruh
kedua abad ini setelah akhir Dunia Kedua untuk melarikan diri, dan sarana
tumbuh komunikasi, yang luas dan bergerak dari satu negara ke negara, Lahti
telah mengakibatkan meningkatnya kebutuhan menghubungi lisan antara orang-orang
untuk memeriksa kembali dengan cara pendidikan bahasa kedua. Penyebaran yang
arah audio cara lisan dan lainnya untuk mengambil minat dalam kemampuan vokal.
Pedoman umum untuk
pengajaran pidato
Berikut ini adalah
seperangkat pedoman umum yang dapat berkontribusi pada pengembangan
keterampilan mengajar untuk berbicara dalam bahasa Arab sebagai bahasa kedua.
1. mengajar praktek
pidato berarti pidato: Minuman keras ini bertujuan agar siswa sudah terkena OK
berbicara sendiri untuk tidak berbicara dengan dia ... Keterampilan berbicara
lain tidak dipelajari oleh siswa bahwa guru hanya berbicara tetap pendengar ...
di sini mengukur efisiensi guru dalam pangsa pidato oleh keheningan dan
kemampuannya untuk berbicara dan tidak mengarahkan kata-katanya dan defeatedly
Astitharh berbicara ..
2. Siswa mencerminkan
pengalaman: Minuman keras dimaksudkan tidak biaya siswa berbicara tentang
sesuatu yang mereka harus menyadari itu .. bahwa siswa belajar bahwa ia
memiliki sesuatu yang ia bicarakan. Itu sia-sia untuk berbicara tentang biaya
mahasiswa pada subjek yang tidak biasa karena ini mengganggu mengerti.
Penghitungan Egged dalam bahasa apa tidak tepat.
3. Pelatihan untuk
menarik perhatian: tidak berbicara aktif secara otomatis ketika siswa mengulang
frase tertentu setiap kali dimaksudkan untuk berbicara untuk berbicara pikiran
saya .. Kegiatan komposit .. Hal ini membutuhkan kemampuan untuk membedakan
ketika ia mendengar suara-suara dan ketika diucapkan. Definisi Akaddrhali dan
komposisi dan bagaimana berbeda Aadaala arti yang berbeda ... Kegiatan
berbicara pikiran saya singkat meminta individu untuk menjadi sadar apa yang
dikeluarkan oleh Lahti Asdr tidak menyalahkan dia apa itu .. Lima dikatakan
paling mematikan perangkap lidah perangkap gigi.
4. Non-Almqatahh dan
sering koreksi: Oktralashiyae keluar dari speaker dan frustasi baginya untuk
Iqatah Alahron. Jika benar speaker pada bahasa pertama lebih ketulusan untuk
speaker di Gah lagi .. mereka memiliki defisit dalam bahasa menghambat mereka
dari Alosnursal untuk berbicara atau membawanya keluar secara terpadu, dan
mungkin lebih dari dalam arti defisit ini yang terganggu guru .. itu juga
terkait dengan ini tidak bersikeras guru untuk memperbaiki kesalahan siswa.
5. harapan: guru dari
lebih dari perkiraan sebelumnya untuk mengatakan tentang potensi sesungguhnya
dari siswa, mahasiswa tetap ulasan berubah, dan mengatakan Atthsh bertemu
kemudian menyalahkan dia jika tidak pada tingkat harapan. Fakta yang harus
diketahui guru Arab sebagai bahasa kedua asing, terutama jika belajar bahasa
Arab, seorang senior, jarang sampai ke tingkat orang-orang Arab di latihan
keterampilan berbicara .. Oha tidak peduli dengan fenomena belajar Arab saja,
tetapi mencakup semua siswa untuk bahasa kedua. Guru kemudian memperkirakan
bahwa potongan, dan realistis. Dan untuk membedakan antara kata-kata yang
berasal dari bahasa Arab-berbicara, spektrum yang akan dikeluarkan dengan
berbicara tingkat bahasa lain.
6. Staging: Pementasan
prinsip berlaku di sini juga .. Pidato, seperti yang kita katakan, keterampilan
aktivitas kendaraan dan mental terintegrasi .. dan belajar keterampilan ini
tidak dapat terjadi dalam semalam, atau semalam. Ini adalah proses yang
membutuhkan waktu dan memerlukan kesabaran dan usaha dan kebijaksanaan, apa
yang harus
Dimiliki oleh guru. Dan
itu dapat membuat dari OK untuk berbicara sepadan dengan tingkat masing-masing
dua tingkat siswa Katale:
A. Balnnsph Tingkat
Persiapan: OK Ontdor dapat berbicara tentang pertanyaan yang diajukan oleh guru
dijawab oleh siswa. Melalui jawaban ini siswa belajar bagaimana membangun tidak
adanya kata-kata dan kecantikan dan menawarkan ide-ide. Sebaiknya guru akan
mengatur pertanyaan ini sebagai yang berakhir dengan siswa untuk membangun
sebuah tema yang terintegrasi. Hal ini juga disetujui menugaskan siswa untuk
menjawab latihan lisan, dan menyimpan setelah dialog lisan dan menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan teks yang mereka baca.
B. Tingkat menengah:
tingkat yang sesuai kenaikan yang siswa belajar keterampilan yang akan
digunakan untuk berbicara, dari yang sesuai memainkan peran ini (roie piaying)
dan pertemuan Omarh. Nyeri dan bilateral TTH, menggambarkan peristiwa yang
terjadi bagi siswa, menceritakan kembali berita yang mereka dengar di televisi,
radio, dan berita tentang percakapan telepon berlangsung atau menjatuhkan
laporan disederhanakan dan lain-lain.
T. Tingkat Pembayaran:
Di sini, siswa dapat menceritakan kisah mereka suka, atau Lessphun manifestasi
alam. Khotbah atau melempar atau menjalankan debat (debat) atau berbicara pada
usulan subjek. Atau melemparkan Tmthleeh dalam dialog, atau merupakan bagian
dari posisi. Hal ini penting dalam semua ini, memperhitungkan keseimbangan
linguistik guru ketika perhatian siswa, dan juga menuduh sejauh mana pengalaman
mereka tentang masalah pembicaraan.
7. Nilai Thread:
motivasi peningkatan siswa untuk mengajarkan apa yang mereka pelajari setiap
kali mereka memiliki Maan, dan diperpanjang disambut The mereka. Dan Ambga
untuk meningkatkan pilihan guru mata pelajaran yang siswa, terutama di tingkat
pembicaraan lanjutan, di mana kesempatan untuk berekspresi. Harus tunduk adalah
nilai, dan Onicon jelas dan spesifik. Sebaiknya diletakkan pada siswa di semua
mata pelajaran sekali atau lebih agar kebebasan pilihan yang tersedia bagi
mereka, baik Wejtklmon tahu.
8.
.......................................................................................................................................
Pengucapan lemah atau baik yang menarik guru yang terdaftar (tape-Recorder)
dalam Bab mendengarkan ulama yang baik dari model, dihitung dengan mempelajari
pelatihan simulasi dan pemantauan kesesuaian antara apa yang mereka dengar dari
suara-suara dan apa yang mereka menghasilkan mereka.
9. representasi dari
metode output audio: guru mungkin perlu untuk mewakili metode output audio yang
keluar sedikit lidahnya, yang diucapkan Althae atau diubah, dan tersenyum
senyum lebar seperti itu muncul orang dewasa, atau mengingatkan siswa termasuk
telinga dan hidung tenggorokan dokter lakukan ketika ditekan di bagian belakang
lidah, dan permintaan dari pasien untuk mengatakan "ah" Wow mahasiswa
mampu melakukan potongan tanpa bantuan suara dokter Vsantq Pmalakh terdengar
sangat dekat dengan mata. Ketika melatih siswa untuk mengucapkan ha meminta dia
membisikkan kata-kata suara gangguan, seperti: "Dia ada di sini," dan
setiap kali mendesis dan suara yang jernih mendekati gangguan dari ha Arab.
Seperti kereta mahasiswa Ali Arab pengucapan dewasa tradisi ketika gemericik
output suara, dan juga mengucapkan tradisi kha dari mendengkur (Salah Abdul
Majid Arabi, 07:00 0,941).