Makalah Sharf Masdar


    
        KATA PENGANTAR
 بسم الله الرحمن الرحي
الحمد لله الذي رفع لمن انخفض لجلاله * وفتح البركات لمن انتصب لشكر افضاله * وأسكن الجنات لمن عرفه حق معرفته * والصلاة والسلام على من جزم بأنه أفضل الخلق كله * وعلى آله وأصحابه الذين بنوا أحوالهم على اتباع سنته * ومن تبعهم بإحسان الى يوم يرجعون فيه *
Segala puji hanya milik Allah yang telah melimpahkan segala karunianya yang tidak terhingga, khususnya ni’mat Iman dan Islam, yang dengan keduanya diperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat.
Sholawat dan Salam semoga selalu tercurah atas Baginda Nabi Muhammad SAW, dan atas keluarga dan sahabat beliau serta orang-orang yang mengikuti jejak langkah mereka itu hingga akhir zaman.
Dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT makalah ini telah dapat kami selesaikan, dengan tema yang telah ditentukan. Tidak lupa kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Abdul muqid M.Ag sebagai Dosen Pembimbing mata kuliah sharraf  atas bimbingannya sehingga makalah ini dapat terselesaikan dengan tepat waktu
Terima kasih pula kami ucapkan kepada rekan-rekan khususnya dari kelompok 3 atas segala bantuannya.
Akhirnya, kami menyadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna, dan penuh dengan kekurangan, mudah-mudahan bisa lebih disempurnakan lagi di masa-masa mendatang.
Akhirnya semoga pekerjaan kita ini diberi pahala oleh Allah SWT. Amiin





DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ........................................................................................... 1
DAFTAR ISI ........................................................................................................... 2
BAB I  PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang ........................................................................................ 3
1.2  Rumusan Masalah ................................................................................... 3
1.3 Tujuan ...................................................................................................... 3

BAB II  PEMBAHASAN
2.1 Pengertian mashdar.................................................................................. 4
2.2  Macam-macam masdar............................................................................ 5

BAB  III   PENUTUP
3.1     Kesimpulan ............................................................................................ 8
3.2     Saran ...................................................................................................... 8
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................. 9





BAB I
PENDAHULUAN

1.      Latar belakang
Dalam mempelajari bahasa arab, ilmu sorrof merupakan salah satu ilmu yang membantu untuk mempelajari bahasa arab.dalam ilmu sorrof kita dapat menemui bermacam-macam materi salah satunya adalah ABNIYATUL MASHADIR.abniyatul mashadir adalah materi tentang bentuk-bentuk masdar secara terperinci,dengan ini kami akan sedikit memperjlas tentang abniyatul mashadir.


2.      Rumusan masalah
1)      Apakah pengertian masdar?
2)      Bagaimana membentuk masdar?
3)      Berapa macam-macam masdar?


3.      Tujuan
1)         Mengetahui pengertian masdar
2)         Mengetahui dan memahami cara membentuk masdar
3)         Mengetahui macam-macam masdar



BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian mashdar
            Masdar secara bahasa adalah asal atau sumber, sedangkan menurut istilah masdar adalah isim yang menunjukkan arti yang tidak di kenai masa/waktu.Ada juga yang mendefinisikan masdar adalah kata yang merupakan bentuk ke tiga dalam tasrif fi`ilnya
            Jadi, mashdar itu adalah urutan ketiga dalam susunan tashrif ishtilahi. Mashdar adalah kata dasar yang berarti semua kata jadian berasal dari satu kata dasar, yaitu mashdar. Oleh karena itulah mashdar sering disebut musytaq minhu(sumber pengambilan). Mashdar tidak memiliki pola tertentu seprti halnya isim fa’il atau isim maf’ul, tetapi mashdar bisa diketahui dengan melihat kamus bahasa Arab.[1]

B.     Macam-macam masdar
1.      Masdar qiyasi
1)      Masdar qiyasi dari fiil sulasi
a.       Fiil tsulasi mujarod yang mutaaddi, maka masdar qiysinya mengikuti wazan فعل. Seperti contoh:  رد – يرد – ردا.  ضرب – يضرب - ضربا
b.      Fiil tsulasi mujarrod lazim yang mengikuti wazan فعل     maka masdar qiyasinya mengikuti wazan  فعلا  . seperti contoh:فرح – يفرح – فرحا.  شل – يشل – شلا
c.       Fiil tsulasi mujarod lazim yang mengikuti wazan فعل maka masdar qiyqsinya  mengikuti wazan فعول.contoh:قعد – يقعد – قعودا.  غدا – يغدو – غدوا
d.      Fiil tsulasi mujarrod lazim yang mengikuti wazan فعل    maka masdar qiyasinya mengikuti wazan فعول   maka masdar qiyasinya tiddak di kehendaki di ikutkan wazan فعالا    atau فعلانا  atau  فعالا
e.       Wazan yang pertama yaitu فعالا yang mana untuk masdar qiyasinya fiil tsulasi mujarrod lazim mengikuti wazan فعل yang bermakna imtinak atau nyegah contoh: أبا -   يأبى  -  إباء
شرد – يشرد –شرادا  
Dan wazan yang  ke dua yaitu فعلانا aalah untuk masdar qiyasinya fiil tsulasi mujarrod lazim yang mengikuti wazan فعل  yang bermakna Takollub
 contoh:طاق     يطوق  طوفانا
              جال    يجول   جولانا
              سال     يسيل   سيلانا
Wazan yang ke tiga yaitu فعالا    adalah unyuk masdar qiyasinya fiil tsulasi mujarrod lazim  yang mengikuti wazan yang bermakno penyakit atau bersuara
Contoh yang berbentuk penyakit:سعل   يسعل   سعالا
                                                زكم   يزكم   زكاما     
                                                        مشى   يمسى    مساء    
Contoh yang berbentuk bersuara:نعب   ينعب    نعابا
                                                نعق   ينعق   نعاقا    
                                                أزّ    يؤزّ    أزازا     
f.       Wazan فعيل adalah untuk masdar qiyasinya fiil yang tsulasi mujarrod lazim yang mengikuti wazan فعل yang bermakna berjalan atau bersuara
Contoh yang bermakna sairon: ذمل   يذمل   ذميلا
رحل   يرحل   رحيلا                                               
Contoh yang bemakna shoutin:نعب   ينعب   نعيبا
                                                نعق   ينعق   نعيقا  
                                                 صهل   يصهل   صهيلا
g.      Fiil tsulasi mujarrod lazim yang mengikuti wazan فعل maka masdar qiyasinya mengikuti wazan فعولة  و  فعالة
Contoh berwazan فعولة:سهل   يسهل   سهولة  
                                    صعب   يصعب  صعوبة  
Contoh berwazan فعالة:ضخم   يضخم   ضخامة  
                                    جزل    يجهل    جزالة  
2)      Masdar dari fiil ghoiru sulasi
a.       Fiil ghoiru tsulasi masdar qiyasinya seperti قدّس  التّقديس  artinya yaitu fiil ghoiru tsulasi yang mengikuti wazan فعّل bila shohih akhir maka masdar qiyasinya mengikuti wazan تفعيلا contoh:قدّس  يقدّس  تقديسا 
Kemudian yang mengikuti wazan تفعلة yaitu ya` di buang dan di ganti ta` di akhir kalimat.Contoh:جرّب    يجرّب   تجربة 
b.      Fiil ghoiru tsulasi yang mengikuti wazan فعّل bila mengikuti wazan  تفعيلا  tapi ya`nya di bucal dan di ganti ta` di akhir kalimat.
Contoh:زكّى   يزكّى   تزكية  اصله   تزكيوا
Aadpun bila bina`  mahmuz lam masdarnya bisa mengikuti wazan تفعيلا  و  تفعلة   contoh:خطّأ  يخطّئ   تخطيأ/تخطأة
c.       Fiil ghoiru tsulasi yang mengikuti wazan افعل  maka masdar qiyasinya mengikuti wazan افعالا contoh:اجمل  يجمل  اجمالا 
d.      Fiil ghoiru tsulasi yang mengikuti wazan تفعَل  maka masdar qiyasinya mengikuti wazan تفعّلا  contoh:تجمّل   يتجمّل   تجمّلا
e.       Fiil ghoiru tsulasi yang mengikuti wazanاستفعل    maka masdar qiyasinya mengikuti wazan استفعالا,tapi apabila mu`tal `ain maka harokat `ain fiil di pindah pada fa` fiil, kemudian `ain fiil di buang dan di ganti ta` di akhir.
Contoh:shohih `ain  استخرج   يستخرج   استخراجا
            Mu`tal `ain wawu   استعاد   يستعيد   استعادة    اصله   استعوادا
            Mu`tal `ain ya`     استبان   يستبين   استبانة   اصله   استبيانا
f.       Fiil ghoiru tsulasi yang mengikuti wazan افعل yang mu`tal `ain masdar qiyasinya mengikuti wazan افعالا tapi harokat `aim fiil  di pindah pada fa` fiil  kemudian ain fiil di buang  dan di ganti ta` di akhir.
Contoh mu`tal `ain:اقام  يقيم   اقمامة اصله   اقواما
g.      Masdar qiyasinya fiil ghoiru sulasi yang di awali hamzah wasol maka huruf sebelum akhir di tambah alif da huruf yang no tiga di kasroh.
 Contoh:انطلق  ينطلق  انطلاقا
h.      Fiil ghoiru sulasi yang di awali ta` mutowwaah maka masdar qiyasinya huruf yang ke empat di dhommah.contoh:تقاتل   يتقاتل   تقاتلا
i.        Fiil ghoiru tsulasi yang mengikuti wazanفعلل  maka masdarnya mengikuti wazan فعلالا فعللة  و contoh: دخرج  يدخرج   دخرجة   و  دخراجا
j.        Fiil ghoiru tsulasi yang mengikuti wazan  فاعل maka masdar qiyasinya mengikuti فعالا  و  مفاعلة.Contoh:قاتل   يقاتل   مقاتلة   و  قتالا.[2]
2.      Masdar  Marrah
Masdar  marrah adalah masdar yang menunjukkan terjadinya peristiwa atau kejadian satu kali. Misalnya; أَخَذْتُ أَخْذَةً (saya mengambil sekali)
Masdarnya fiil goiru sulasi bila di ikutkan masdar marrah  maka di tambah ta` ta` nis.contoh:اكرمت  زيدا  اكرامة 
Adapun bila sudah ada ta` ta`nisnya maka di sifati لفظ  واحدة contoh:زكّيته تزكية  واحدة

3.      masdar nau’ /Hai’ah
Masdar nau’/hai’ah adalah masdar yang menunjukkan keadaan terjadinya suatu perbuatan
Wazan isim nau’/hai’ah dari tsulatsi itu mengikut wazan ; فِعْلَةً contoh:جلست   جلسة  حسنة
4.      Masdar mim
Masdar ghoiru mim adalah masdar yang di bagian depannya terdapat huruf mim contoh;منصر  و منتصر
5.      Masdar ghoiru mim adalah masdar yang di bagian depannya tidak terdapat huruf mim
Contoh:نصر  و انتصار
6.      Masdar lafdhi
Masdar lafdhi ialah masdar yang huruf dan ma`nanya sama dengan huruf dan ma`nanya fiil.Contoh:قم  قياما
7.      Masdar ma`nawi
Masdar ma`nawi adalah masdar ma`nanya sama dengan ma`na fiilnya tapi hurufnya tidak  sama contoh قم  وقوفا.[3]







BAB  II
PENUTUP


A.          Kesimpulan
Masdar secara bahasa adalah asal atau sumber, sedangkan menurut istilah masdar adalah isim yang menunjukkan arti yang tidak di kenai masa/waktu.
Masdar terbagi dengan berbagai macam masdar yaitu qiyasi, sima`I, marrah, hai`ah, lafdhi, maknawi.

B.      Saran
Dalam belajar ilmu sorof tentu kita juga mempelajari tentang abniyatul mashadir,dengan ini kita bisa menentukan bentuk-bentuk masdar.Dalam bahasa arab tidak lepas dari abniyatul mashadir,untuk itu kita harus mengerti dam memahami apa itu abniyatul masadir.




AFTAR PUSTAKA

1.      Hilmi denial, 2012, ilmu shorof,  Malang, uin maliki press.
2.      سلم  تسهيل, hal 229-237
3.      الدرة  الهية,hal 45-46


[1] Hilmi denial,ilmu shorof,2012. Malang, uin maliki press.hal 41-49.
[2] سلم  تسهيل, hal 229-237
[3] الدرة  الهية,hal 45-46

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel