MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH

v   Tujuan Pembelajaran
1.      Agar peserta didik merasa senang berbahasa arab.
2.      Memperkenalkan peserta didik kepada kosa kata dasar bahasa arab melalui membaca, mendengar dan dari apa yang mereka lihat,
3.      Melatih peserta didik untuk dapat mengucapkan mufrodat dengan benar dari mufrodat yang telah yang ia dengar,
4.      Melatih peserta didik untuk bisa bercakap dengan mufordat yang ia ketahui,
v   Media yang digunakan
            Dalam hal  ini media yang kami gunakan dalam pembelajaran bahasa arab dasar adalah menggunakan Aplikasi Macromedia Flash sehingga peserta didik yang baru mengenal bahasa arab tidak merasa jenuh karena beberapa hal berikut:
a.       Terdapat tampilan dan animasi-animasi yang disenangi peserta didik
b.      Terdapat lagu yang bisa membuat mereka tidak bosan dalam mendengar juga dalam hal melafalkan kembali
c.       Dipadukan dengan permainan Ular tangga sehingga peserta didik merasa senang dalam belajar
d.      Dipadukan dengan video yang disertai lirik agar peserta didik dapat dengan mudah dalam melafalkan dan menghafalkan mufrodat
v   Kenapa menggunakan media ini
Kami menggunakan media ini karena media ini efektif dan efisien digunakan dalam pembelajaran terutama pembelajaran bahasa arab bagi peserta didik yang baru mengenal bahasa arab. Sehingga melalui maharoh kalam, qiroah, dan istima’ yang terdapat pada aplikasi tersebut peserta didik dapat dengan mudah mengenal dan menguasai bahasa arab.
            Media ini ditujukan kepada pemula bahasa arab Kelas I ataupun kelas II Madrasah Ibtidaiyah sederajat. Media ini kami padukan dari hal-hal yang disukai anak seperti animasi, lagu, video, dan permainan. Lagu yang digunakan juga merupakan lagu pilihan dan memang populer untuk anak, begitu juga dengan permainan yang kami padukan berupa ular tangga, hal ini bertujuan agar peserta didik tidak merasa bosan ditengah-tengah pembelajaran.
v   Bagaimana cara menggunakan media ini
Adapun cara menggunakan media ini sangat mudah.
1.      Buat media berupa flash yang nantinya akan digunakan dalam pembelajaran, jika tidak mampu dalam membuatnya kita bisa men-download yang sudah tersedia di internet.
2.       Buka media yang sudah kita buat atau download. Seperti gambar berikut:
3.      Materi yang digunakan pada aplikasi berikut adalah pengenalan kosa kata ala-alat transportasi.
1.JPG
4.      Di tengah-tengah layar terdapat menu diantaranya
a.       Tujuan: tujuan dalam pembelajaran tersebut
b.      Materi 1: didalamnya terdapat 6 kosa kata dan disertai cara pelafalannya
c.       Materi 2: didalamnya berisi 6 Kosa kata alat transportasi yang disertai percakapan bahasa arab
d.      Pengayaan: didalamnya terdapat 2 video musik yang disertai lirik untuk mengajak siswa bernyanyi
e.       Latihan: terdapat 8 gambar dan kosa kata, peserta didik di ajak mencocokkan gambar untuk melatih ingatan yang telah ia dapat pada menu materi 1 dan 2.
Didalam menu latihan juga terdapat game ular tangga untuk mengundi siapa yang akan menjawab soal yang terdapat pada menu latihan.
f.       Evaluasi: menu ini digunakan Pengajar untuk mengevaluasi hasil belajar siswa dan untuk menilai sejauh mana kemampuan mereka
g.      Mufrodat: Kosa kata yang telah dipelajar beserta artinya
h.      Referensi: beberapa refensi yang diambil dari buku atau internet.

5.      Pada pojok kanan kiri kami sediakan lagu berupa “Kring kring kring darrojati” untuh melatih istima’ peserta didik
6.      Kita dapat memutarnya dengan klik tombol “Play”
7.      Kita bisa memilih menu materi 1 dengan cara meng-klik-nya untuk memulai materi pertama. Tampilannya seperti berikut:
2.JPG
8.      Klik gambar untuk mendengarkan cara pelafalan.
9.      Klik tombol “X” pada pojok kanan atas untuk menutup materi 1.
10.  Kita bisa memilih menu materi 2 dengan cara meng-klik-nya untuk memulai materi pertama. Tampilannya seperti berikut:
3.JPG
11.  Klik lafadz untuk mendengarkan Lafdz yang di ucapkan, setelah itu peserta didik juga di ajak melafalkan secara bersama-sama. Warna biru untuk untuk siswi dan warna merah untuk siswa. Klik tombol “X” apabila materi usai.
12.  Klik “Pengayaan” untuk menambah wawasan siswa. Tampilannya seperti berikut:
4.JPG
13.  Klik “Putar” untuk memainkan video yang tersedia pada halaman tersebut. Klik tombol “X” jika telah selesai
14.  Pada menu utama juga terdapat Latihan, Klik “Latihan” untuk memulai
7.JPG
15.  Tampilannya seperti diatas, dibagian sebelah kiri terdapat 8 buah kosa kata, siswa diperintahkan untuk mencocokkan kosa kata dengan gambar yang terletak disebelah kanan, caranya dengan klik kiri dan tahan lalu tarik salah satu kosa dan tempelkan dengan cara melepas klik kiri di bagian gambar yang cocok. jika benar, maka kosa kata akan tertempel pada gambar. namun Jika salah, maka secara otomatis kosa kata tidak akan tertempel pada gambar.
16.  Di bagian atas juga terdapat tombol “Acak Pemain” yang berfungsi untuk memilih siswa secara Acak. Tampilannya seperti berikut:
9.JPG8.JPG

Kita bisa memilih salah satu jenis diatas untuk mengajak siswa belajar sambil bermain.
17.  Pada gambar pertama diatas adalah pengambilan nomor absen secara acak. Terdapat tombol acak untuk mengacak dan stop untuk berhenti mengacak. Kami membuatnya hanya sampai pada nomor absen 49.
Pada gambar kedua terdapat game ular tangga. Tombol putar dadu untuk mengacak lemparan dadu dan tombol jalankan untuk menjalankan angka dadu yang terpilih. Dan tiap game terdapat tombol “Ke Latihan” untuk kembali ke menu latihan.
18.  Pada menu “Evaluasi” terdapat soal-soal yang nantinya akan di ujikan terhadap peserta didik. Tampilan seperti berikut:
10.JPG11.JPG
Pada bagian evaluasi terdapat gambar dan pilihan ganda. Siswa diminta untuk menjawabnya dengan tepat saat evaluasi berlangsung. Pada evaluasi ini kami memadukan komponen gambar, suara, dan suara transportasi.
Kami hanya membuat 5 soal sebagai contoh pada aplikasi tersebut.
19.  Jika selesai menggunakan media ini kita bisa menutupnya dengan meng-klik Tombol “X” yang berada di pojok paling kanan atas atau bisa menekan “ALT+F4”.
Terima kasih, Semoga ini dapat bermanfaat dalam pembelajaran Bahasa arab.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel