MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH
Friday, 13 May 2016
v
Tujuan
Pembelajaran
1.
Agar
peserta didik merasa senang berbahasa arab.
2.
Memperkenalkan
peserta didik kepada kosa kata dasar bahasa arab melalui membaca, mendengar dan
dari apa yang mereka lihat,
3.
Melatih
peserta didik untuk dapat mengucapkan mufrodat dengan benar dari mufrodat yang
telah yang ia dengar,
4.
Melatih
peserta didik untuk bisa bercakap dengan mufordat yang ia ketahui,
v
Media
yang digunakan
Dalam hal ini media yang
kami gunakan dalam pembelajaran bahasa arab dasar adalah menggunakan Aplikasi
Macromedia Flash sehingga peserta didik yang baru mengenal bahasa arab tidak
merasa jenuh karena beberapa hal berikut:
a.
Terdapat
tampilan dan animasi-animasi yang disenangi peserta didik
b.
Terdapat
lagu yang bisa membuat mereka tidak bosan dalam mendengar juga dalam hal
melafalkan kembali
c.
Dipadukan
dengan permainan Ular tangga sehingga peserta didik merasa senang dalam belajar
d.
Dipadukan
dengan video yang disertai lirik agar peserta didik dapat dengan mudah dalam
melafalkan dan menghafalkan mufrodat
v
Kenapa
menggunakan media ini
Kami menggunakan media ini karena media ini efektif dan efisien digunakan
dalam pembelajaran terutama pembelajaran bahasa arab bagi peserta didik yang
baru mengenal bahasa arab. Sehingga melalui maharoh kalam, qiroah, dan istima’
yang terdapat pada aplikasi tersebut peserta didik dapat dengan mudah mengenal
dan menguasai bahasa arab.
Media ini
ditujukan kepada pemula bahasa arab Kelas I ataupun kelas II Madrasah
Ibtidaiyah sederajat. Media ini kami padukan dari hal-hal yang disukai anak
seperti animasi, lagu, video, dan permainan. Lagu yang digunakan juga merupakan
lagu pilihan dan memang populer untuk anak, begitu juga dengan permainan yang
kami padukan berupa ular tangga, hal ini bertujuan agar peserta didik tidak
merasa bosan ditengah-tengah pembelajaran.
v
Bagaimana
cara menggunakan media ini
Adapun
cara menggunakan media ini sangat mudah.
1.
Buat
media berupa flash yang nantinya akan digunakan dalam pembelajaran, jika tidak
mampu dalam membuatnya kita bisa men-download yang sudah tersedia di internet.
2.
Buka media yang sudah kita buat atau download.
Seperti gambar berikut:
3.
Materi
yang digunakan pada aplikasi berikut adalah pengenalan kosa kata ala-alat
transportasi.

4.
Di
tengah-tengah layar terdapat menu diantaranya
a.
Tujuan:
tujuan dalam pembelajaran tersebut
b.
Materi
1: didalamnya terdapat 6 kosa kata dan disertai cara pelafalannya
c.
Materi
2: didalamnya berisi 6 Kosa kata alat transportasi yang disertai percakapan
bahasa arab
d.
Pengayaan:
didalamnya terdapat 2 video musik yang disertai lirik untuk mengajak siswa
bernyanyi
e.
Latihan:
terdapat 8 gambar dan kosa kata, peserta didik di ajak mencocokkan gambar untuk
melatih ingatan yang telah ia dapat pada menu materi 1 dan 2.
Didalam menu
latihan juga terdapat game ular tangga untuk mengundi siapa yang akan menjawab
soal yang terdapat pada menu latihan.
f.
Evaluasi:
menu ini digunakan Pengajar untuk mengevaluasi hasil belajar siswa dan untuk
menilai sejauh mana kemampuan mereka
g.
Mufrodat:
Kosa kata yang telah dipelajar beserta artinya
h.
Referensi:
beberapa refensi yang diambil dari buku atau internet.
5.
Pada
pojok kanan kiri kami sediakan lagu berupa “Kring kring kring darrojati” untuh
melatih istima’ peserta didik
6.
Kita
dapat memutarnya dengan klik tombol “Play”
7.
Kita
bisa memilih menu materi 1 dengan cara meng-klik-nya untuk memulai materi
pertama. Tampilannya seperti berikut:

8.
Klik
gambar untuk mendengarkan cara pelafalan.
9.
Klik
tombol “X” pada pojok kanan atas untuk menutup materi 1.
10. Kita bisa memilih menu materi 2 dengan cara meng-klik-nya untuk
memulai materi pertama. Tampilannya seperti berikut:

11. Klik lafadz untuk mendengarkan Lafdz yang di ucapkan, setelah itu
peserta didik juga di ajak melafalkan secara bersama-sama. Warna biru untuk
untuk siswi dan warna merah untuk siswa. Klik tombol “X” apabila materi usai.
12. Klik “Pengayaan” untuk menambah wawasan siswa. Tampilannya seperti
berikut:

13. Klik “Putar” untuk memainkan video yang tersedia pada halaman
tersebut. Klik tombol “X” jika telah selesai
14. Pada menu utama juga terdapat Latihan, Klik “Latihan” untuk memulai

15. Tampilannya seperti diatas, dibagian sebelah kiri terdapat 8 buah
kosa kata, siswa diperintahkan untuk mencocokkan kosa kata dengan gambar yang
terletak disebelah kanan, caranya dengan klik kiri dan tahan lalu tarik salah
satu kosa dan tempelkan dengan cara melepas klik kiri di bagian gambar yang
cocok. jika benar, maka kosa kata akan tertempel pada gambar. namun Jika salah,
maka secara otomatis kosa kata tidak akan tertempel pada gambar.
16. Di bagian atas juga terdapat tombol “Acak Pemain” yang berfungsi
untuk memilih siswa secara Acak. Tampilannya seperti berikut:


Kita
bisa memilih salah satu jenis diatas untuk mengajak siswa belajar sambil
bermain.
17. Pada gambar pertama diatas adalah pengambilan nomor absen secara
acak. Terdapat tombol acak untuk mengacak dan stop untuk berhenti mengacak.
Kami membuatnya hanya sampai pada nomor absen 49.
Pada gambar kedua terdapat game ular tangga. Tombol putar dadu untuk
mengacak lemparan dadu dan tombol jalankan untuk menjalankan angka dadu yang
terpilih. Dan tiap game terdapat tombol “Ke Latihan” untuk kembali ke menu
latihan.
18. Pada menu “Evaluasi” terdapat soal-soal yang nantinya akan di
ujikan terhadap peserta didik. Tampilan seperti berikut:


Pada bagian evaluasi terdapat gambar dan pilihan ganda. Siswa
diminta untuk menjawabnya dengan tepat saat evaluasi berlangsung. Pada evaluasi
ini kami memadukan komponen gambar, suara, dan suara transportasi.
Kami hanya membuat 5 soal sebagai contoh pada aplikasi tersebut.
19. Jika selesai menggunakan media ini kita bisa menutupnya dengan
meng-klik Tombol “X” yang berada di pojok paling kanan atas atau bisa menekan
“ALT+F4”.
Terima kasih, Semoga ini dapat bermanfaat dalam pembelajaran Bahasa
arab.